Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 27 March 2019

PRINTER HP LASERJET TIDAK BERBUNYI SAAT TOMBOL POWER DIHIDUPKAN

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai Printer HP Laserjet Pro M102a yang tidak berbunyi saat tombol power dihidupkan. Printer merupakan salah satu alat yang memang agak sulit diketahui permasalahannya jika mengalami kendala, saya yang bergelar sarjana IT pun kurang terlalu paham mengenai printer kecuali anda yang tamatan SMK atau pernah bergelut dengan printer secara langsung. Untuk itu disini saya hanya mencoba untuk sharing informasi berdasarkan kejadian yang pernah saya alami pada printer.


Permasalahan printer ini saya temui di kantor dan terjadi pada printer teman saya dalam ruangan, dimana ketika tombol ON atau power pada printer ditekan yang biasanya terdapat bunyi partisi yang bergerak di dalam printer tetapi kali ini tidak ada bunyi dan pergerakan sama sekali. Saya dan teman saya sempat menduga mungkin ada alat bagian dalam printer yang rusak sehingga ujungnya kami mendatangkan teknisi kantor yang mengurus service hardware.

Setelah dilakukan pengecekan oleh teknisi hanya dalam 1 menit, ternyata kendalanya yaitu terdapat sobekan kertas kecil yang menyangkut diantaranya jalur jalannya kertas di dalam printer. Hal ini mungkin terjadi karena sebelumnya teman saya saat printer mengalami macet dan dilakukan penarikan untuk mengeluarkan kertas, teman saya tidak menyadari bahwa ada sedikit bagian kertas yang robek tertinggal di dalam. Untuk itu ada baiknya anda melakukan pengecekan dengan membuka tempat tinta kemudian angkat tabung refill tinta untuk melihat secara jelas apakah terdapat sobekan kertas yang tertinggal di dalam. Anda hanya perlu memperhatikan jalur kertas yang dilalui saat printer melakukan print dokumen.

Sekian yang dapat saya share mengenai Printer HP Laserjet Pro M102a yang tidak berbunyi saat tombol power dihidupkan, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment