Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Tuesday 17 April 2018

CARA MENGAKTIFKAN POP UP PREVIEW CHAT DI LINE PADA IPHONE

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mengaktifkan pop up preview chat di Line pada Iphone. Bagi anda yang sedang mencari artikel ini tentunya sebelumnya pernah melihat penggunaan fitur ini di orang lain atau teman anda. Saya sendiri mengetahui fitur ini karena melihat teman saya yang memakai iphone 8 sering menggunakan fitur ini. Saat ini saya baru mengupgrade hp saya dari iphone 5 menjadi 6s dan akhirnya saya mencari tahu mengenai fitur ini.


Fitur Pop Up Preview chat di Line pada Iphone ini sebenarnya merupakan sebuah fitur bawaan yang ditawarkan oleh Iphone. Fitur ini layaknya dapat melakukan zoom pada chat sehingga anda dapat melihat sejenak atau preview chat Line yang masuk tanpa kawatir status chat tersebut berubah menjadi ‘Read’. Fitur Preview ini tidak hanya bisa digunakan pada chat Line tetapi bisa juga digunakan pada chat sosial media yang lain seperti Whatsapp. Selain itu, jika anda pernah kebingungan kenapa fitur Tap zoom preview pada Instagram sudah tidak ada pada Iphone anda yang baru, jawabannya adalah karena fitur ini sudah digantikan oleh fitur preview Iphone yang baru ini.

Saya sendiri mengeluhkan fitur baru ini pada Instagram karena dari cara penggunaan zoom preview fitur baru ini agak sulit tidak semudah yang sebelumnya yang hanya perlu tekan sekali dan tahan 1 detik kemudian preview foto akan muncul. Fitur preview terbaru ini perlu dibiasakan penggunaannya agar jari anda terbiasa melakukannya. Saya sendiri kesulitan saat pertama kali menggunakannya karena belum terbiasa. Menurut pengamatan saya untuk mencari celah melakukannya anda bisa mengikuti langkah di bawah ini.


1. Tekan bagian chat atau foto sekali selama 1 detik menggunakan jempol atau telunjuk anda *tahan jangan dilepas
2. Setelah selang waktu 1 detik di atas tekan kembali untuk kedua kalinya dengan daya tekan yang lebih keras.
3. Bersamaan dengan langkah 2, gerakkan atau geser jempol atau telunjuk anda sedikit ke atas. Jika kurang jelas, misalnya anda menekan foto menggunakan jempol dan posisi kuku mengarah ke bawah kemudian gerakkan bagian jempol yang menyentuh layar sedikit kedepan sehingga bagian kuku akan terangkat sedikit ke atas. Ibaratnya seperti palu yang digunakan untuk menyungkil sebuah paku.


Sebelum anda mencoba cara di atas, pastikan fitur ini sudah anda aktifkan pada menu Setting Iphone anda. Anda bisa mengeceknya pada menu Setting – General – Accessibility – 3D Touch – Pastikan dalam keadan ON atau berwarna hijau. Untuk bagian 3D Touch Sensitivity, anda bisa mengatur tingkat tekanan yang diperlukan jika Light berati tekanan yang diperlukan hanya sedikit sebaliknya jika Firm maka tekanan yang diperlukan lebih keras. Anda bisa mencoba tes menggunakannya pada gambar di bawahnya pada bagaian 3D Touch Sensitivity test. Selain menampilkan zoom preview chat atau gambar, jika anda menggunakannya pada icon menu utama anda akan ditampilkan beberapa menu akses cepat seperti gambar di bawah ini.


Sekian yang dapat saya share mengenai cara mengaktifkan pop up preview chat di Line pada Iphone, semoga dapat membantu dan bermanfaat... 



No comments:

Post a Comment