Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Tuesday 10 April 2018

CARA MEMBUAT FREEZE PANEL BARIS DAN KOLOM SEKALIGUS PADA MICROSOFT EXCEL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara membuat freeze panel barus dan kolom sekaligus pada microsoft excel. Bagi anda yang sudah sering bergelut dengan microsoft excel, tentunya sudah mengetahui apa itu freeze panel. Biasanya data dengan jumlah baris yang banyak dengan adanya beberapa kolom header di bagian atas, terkadang kita perlukan jika ingin scroll ke bagian bawah. Tetapi terkadang header tidak hanya ada pada bagian atas melainkan bisa juga berada di bagian kiri kolom.


Kebanyakan orang yang mengetahui fungsi dari freeze panel menggunakannya dengan cara memblok seluruh baris atau kolom dari cell awal sampai akhir kemudian menekan tombol freeze panel. Hal ini lah yang sering membuat bingung ketika anda ingin membekukan atau freeze panel pada bagian header kolom dan baris sekaligus karena freeze panel hanya bisa digunakan sekali saja atau kata lainnya microsoft excel tidak memungkinkan untuk melakukan freeze panel lebih dari satu kali. Untuk itu kali ini saya akan coba share pengalaman mengenai hal ini yang saya alami sendiri yang sebenarnya hal kecil yang anda tidak sadari.

Cara untuk membekukan freeze panel baris dan kolom sekaligus bersamaan sebenarnya sangat mudah. Jika anda terbiasa melakukan freeze panel dengan memblok cell baris atau kolom dari awal sampai akhir, kali ini sangat mudah anda hanya perlu memblok sebuah cell di bagian pojok kanan bawah batas persilangan antara header kolom dan baris yang akan di freeze panel. Untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan gambar di bawah ini.


Bisa dilihat contoh pada gambar di atas, saya akan melakukan pembekuan freeze panel header baris sepanjang baris 2 di bagian atas dan pembekuan freeze panel kolom sepanjang kolom kiri di bagian kiri. Saya hanya memblok sebuah cell tepatnya di cell D3, kemudian hanya perlu menekan tombol freeze panel pada tab menu View – Freeze Panes maka garis freeze panel akan muncul 2 garis melintang layaknya tanda tambah. Begitulah cara sederhana untuk membekukan freeze panel baris dan kolom secara bersamaan yang sebenarnya sangat simple tetapi tidak kita sadari.


Sekian yang dapat saya share mengenai cara membuat freeze panel barus dan kolom sekaligus pada microsoft excel, semoga dapat membantu dan bermanfaat...             


                                         

2 comments:

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat. Saya sering lupa, kebetulan baru mulai lagi kerja setelah 2thn berhenti kerja, jadi agak2 lupa. sangat membantu sekali artikelnya. Terima Kasihh :)

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih banyak, sangat membantu

    ReplyDelete