Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Tuesday 19 September 2017

CARA MENAMBAHKAN FILE PADA CD R YANG SUDAH PERNAH DI BURN

Kali ini saya akan sharing informasi mengenai cara untuk menambahkan file lain pada CD-R yang sudah pernah di burn. Bagi anda yang memiliki pemikiran yang sama seperti saya, dimana sudah bosan membeli flashdisk untuk menyimpan file dan print ke warnet tetapi sering kali mengalami flashdisk hilang. Karena sudah bosan saya berpikir untuk memanfaatkan barang yang ada yaitu CD-R. CD-R bisa kita gunakan untuk menyimpan file menggantikan flashdisk. Pada beberapa kasus, banyak yang bingung karena kalau dilihat dari namanya CD-R yang berati hanya bisa read only atau hanya bisa sekali burn dan tidak bisa di write atau isi kembali seperti kakaknya yaitu CD-RW yang berati read write.


Dengan pola pikir yang sama sebelumnya, saya juga beranggapan bahwa CD-R tidak bisa kita isikan file berkali-kali. Karena iseng saya akhirnya mencoba untuk menambahkan file lagi pada CD-R yang sudah pernah diburn atau diisi sebelumnya. Percobaan pertama saya gagal karena saya salah menggunakan aplikasi. Tentunya kalian semua sudah tahu aplikasi Nero bukan ? Ya, aplikasi ternama dalam hal burn data ke dalam CD. Tetapi untuk melakukan hal ini, anda harus benar memilih jenis Nero yang akan digunakan seperti kekeliruan yang saya alami pertama menggunakan Nero StartSmart Essentials. Catatan penting : gunakan lah jenis aplikasi Nero yang berisi kata Express yang saya sendiri gunakan yaitu Nero Express Essentials, dari segi tampilan pun berbeda dan pastikan tampilan aplikasi Nero yang anda gunakan sama seperti gambar-gambar di bawah ini.

Berikut ini merupakan tahap-tahapan dalam menambahkan file lain ke dalam CD-R yang sudah pernah di burn sebelumnya :

1. Masukkan CD ke dalam laptop atau komputer kemudian buka aplikasi Nero Express Essentials anda dan pastikan tampilannya seperti berikut.


2. Karena menggunakan CD-R bukan DVD, jadi pilih menu Data CD.

3. Selanjutnya anda bisa menambahkan file seperti biasa dengan tombol Add, mendelete file atau folder dengan tombol Delete.


4. Setelah memilih file, kemudian anda tekan tombol Next sehingga muncul tampilan berikut ini.


5. Pastikan kotak atau check box pada pilihan Allow files to be added later (multisession disc) ini tercentang agar selanjutnya CD masih bisa ditambahkan lagi.

6. Tahap akhir anda tinggal klik tombol Burn.

Cara ini saya sarankan hanya jika anda sedang kepepet karena tidak ada flashdisk untuk menyimpan file jika ingin print ke warnet karena sesuai namanya CD-R read only maka jika sering diisi lama kelamaan CD juga bisa akan rusak hingga tidak bisa di baca oleh komputer atau laptop. Sekali lagi gunakan jenis Nero Express. Sekian yang dapat saya share mengenai cara menambahkan file lain ke dalam CD-R yang sudah pernah di burn sebelumnya, semoga dapat bermanfaat...



6 comments:

  1. oh gini caranya
    solder uap
    makasih min sudah share

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. coba disini mba https://drive.google.com/uc?id=0B4Lulu5UPKD_WlVlUGY3Qkl2YTg&export=download

      Delete
    2. gan link yang nerro express dong link diatas diinstal bukan yang express

      Delete