Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Saturday 16 May 2020

CARA MEMATIKAN CADANGAN LOKAL CHAT WHATSAPP

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mematikan cadangan lokal chat whatsapp. Seperti kita ketahui aplikasi whatsapp sering melalukan backup chat yang setingan defaultnya secara otomatis. Hal ini dialami oleh hp bos saya dimana proses backup ini lumayan mengganggu karena membuat aplikasi sementara tidak bisa dipakai.


Sebelum lanjut saya ingin menjelaskan dahulu bahwa aplikasi Whatsapp melakukan backup data chat melalui 2 cara yang pertama backup melalui Google Drive dan kedua backup lokal pada memori internal HP anda. Untuk jenis yang pertama backup cadangan whatsapp melalui Google Drive dapat anda pilih untuk dilakukan harian mingguan bulanan atau bahkan dimatikan. Anda bisa mematikan proses cadangan backup whatsapp ini melalui menu pada aplikasi Whatsapp yaitu  Settings kemudian Chats lalu Chats backup lalu klik pada menu Back up to Goolge Drive. Jika anda ingin proses pencadangan dilakukan perbulan pilihan monthly, atau bisa hanya atas ijin anda bisa pilih only when I tap “Back up” atau bahkan bisa anda matikan dengan pilih Never hanya saja ini mungkin bisa berdampak kedepannya jika anda mengganti hp baru kemudian memindahkan akun whatsapp ke hp yang baru chat lama anda tidak bisa direstore ke hp yang baru atau sama dengan hilang karena settingan proses back up dinonaktifkan.

    

Selanjutnya sesuai judul, untuk proses back up yang kedua back up cadangan lokal whatsapp pada memori internal hp anda. Setelah saya riset, untuk versi yang saat ini belum ada menu untuk mematikan proses cadangan lokal whatsapp. Proses cadangan lokal ini dilakukan whatsapp secara otomatis setiap hari pada pukul 02.00 dini hari. Bagi anda yang jumlah chat pada aplikasi whatsapp tidak terlalu banyak tentunya proses ini tidak akan mengganggu, tetapi seperti halnya hp bos saya ini sangat mengganggu karena proses backup tidak selesai dilakukan pada pukul 2 pagi melainkan saat bos saya membuka whatsapp di pagi hari proses backup berlanngsung dan terlihat persentase yang berjalan cukup lama sehingga aplikasi whatsapp tidak bisa digunakan. Hal ini dikarenakan chat pada WA bos saya yang lumayan banyak sehingga proses back up akan menjadi cukup lama dan memakan memori yang cukup besar pada memori internal hp anda. Bagi anda yang ingin menghapus file back up perhari whatsapp bisa anda lakukan pada menu File Manager di hp anda kemudian cari folder Whatsapp kemudian Databases, disana anda akan lihat file back up perharinya.

  

Solusi untuk mengatasi cadangan lokal whatsapp ini yaitu anda bisa melakukan force close pada saat proses backup lokal yang dilakukan whatsapp. Anda bisa melakukannya dengan cara kembali ke menu utama kemudian klik tahan lama icon aplikasi whatsapp kemudian klik App Info dan cari paling bawah menu Force Close atau Paksa Berhenti. Kemudian anda bisa buka kembali aplikasi whatsapp dan proses back up tidak akan muncul lagi hanya saja untuk hari berikutnya anda harus melakukan hal yang sama lagi. Mungkin itu solusi yang bisa anda lakukan berdasarkan riset yang saya lakukan bagi anda yang merasa terganggu proses back up lokal whatsapp yang lama sehingga WA sementara tidak bisa digunakan, sembari mungkin kedepan pihak whatsapp akan melakukan update lagi aplikasi untuk kendala proses back up ini karena mungkin hanya bagi mereka yang memiliki chat yang banyak yang akan mengalami kendala ini. Bagi anda yang mungkin ada solusi lain mari berdiskusi di kolom komentar.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara mematikan cadangan lokal chat whatsapp, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



No comments:

Post a Comment