Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Sunday 22 September 2019

TOKO YANG MENJUAL TANG KRIMPING RJ45 DAN RJ11 DI DENPASAR BALI

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai toko yang menjual tang krimping RJ45 dan RJ11 di Denpasar Bali. Tang crimping biasa digunakan untuk menghubungkan kabel UTP dengan RJ45 menjadi kabel LAN. Ada beberapa jenis tang krimping yang ada dipasaran dari berbagai range harga, tetapi yang paling banyak dijual yaitu range harga 30 ribuan dengan gagang handle berwarna hijau.


Bali Techno Grosir atau BTG merupakan toko komputer yang menjual tang crimping disekitar Denpasar tepatnya berada di Jalan Gunung Agung arah ke Lapangan Buyung Padangsambian atau lebih jelasnya anda bisa cari di Goolge dengan keyword ‘Bali Techno Grosir’. Saya sempat dua kali membeli tang krimping disini, hanya saja stok di toko ini biasanya sedikit jadi jika ada stok anda beruntung. Untuk harga dari tang krimping sendiri, kemarin saya beli seharga 35 ribu disini.


Hanya untuk mengingatkan bagi anda yang akan mengkrimping kabel LAN, untuk susunan warna kabel LAN dari KIRI ke KANAN dengan posisi klik atau pengait soket RJ45 menghadap ke bawah yaitu :

-          Putih Orange
-          Orange
-          Putih Hijau
-          Biru
-          Putih Biru
-          Hijau
-          Putih Cokelat
-          Cokelat

Lebih jelasnya anda bisa lihat gambar di bawah ini.


Hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam mengkrimping kabel LAN yaitu :

1. Pastikan saat kabel sudah dikelupas, luruskan semua kabel bisa menggunakan tang atau dengan tangan dengan cara menarik sambil menekan-nekan agar lurus. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dimasukan kedalam RJ45 sehingga urutan kabel tidak berantakan lagi.
2. Potong kabel warna lebih pendek dari ukuran panjang RJ45 sehingga masih ada bagian kabel pembungkus luar yang masuk sedikit kedalam RJ45. Hal ini bertujuan agar kabel tetap kuat saat dipegang atau ditarik setelah dikrimping. Biasanya jika kabel pembungkus luar tidak ada yang masuk kedalam RJ45, kabel akan mudah rusak jika ada tarikan.
3. Pastikan saat memasukkan kabel ke dalam RJ45, urutan warna sudah sesuai dengan penjelasan di atas ingat jangan sampai tertukar urutan warnanya, dan paling penting pastikan posisi Klik atau Pengait pada soket RJ45 menghadap ke bawah jika terbalik maka urutan warnanya juga dibalik.
4. Pastikan saat memotong kabel-kabel UTP berwarna, kabel dalam posisi rapat satu sama lain sehingga saat dipotong panjangnya akan sejajar. Setelah dipotong tetap pegang kabel jangan dilepas dan langsung dimasukkan kedalam RJ45. Pastikan posisi semua ujung kabel mentok pada ujung RJ45 dengan cara menekan dan mendorong kabel sampai mentok sehingga terlihat dari luar.
5. Saat melakukan proses Press dengan tang krimping biasanya terdengar bunyi klik. Hal yang biasanya menyebabkan krimping kabel LAN gagal yaitu urutan warna kabel tertukar dan ada kabel yang ujungnya tidak mentok pada RJ45.

Sekian yang dapat saya share mengenai toko yang menjual tang crimping RJ45 dan RJ11 di Denpasar Bali, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment