Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 16 October 2019

CARA MERAPATKAN TULISAN DI WORD

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara merapatkan tulisan di Microsoft Word. Seperti yang kita ketahui Word memiliki berbagai fitur yang mungkin kita belum mengetahuinya. Untuk merapatkan tulisan di Word kita biasanya menggunakan fitur Spasi, tetapi bagaimana jika sudah menggunakan ukuran spasi paling kecil tetapi masih kurang rapat ?



Saya sendiri baru mengetahui hal ini dari pengalaman di kantor, dimana bos saya menyuruh untuk merapatkan tulisan pada surat perintah agar cukup dalam satu lembar halaman. Sebenarnya fitur ini sudah terpampang jelas tetapi mungkin kita saja yang hanya kurang memperhatikannya. Untuk merapatkan tulisan agar spasinya menjadi lebih rapat atas bawah, anda bisa menggunakan fitur Line Spacing Options. Sebagai contoh penggunaannya, anda bisa mengikuti contoh di bawah ini dimana saya buat contoh menggunakan spasi terkecil dan tidak ada spasi before atau after paragraph tetapi kita akan membuatnya lebih rapat lagi.


1.      Blok tulisan yang ingin anda atur kerapatan spasinya.


2.      Klik icon menu Spasi kemudian pilih Line Spacing Options.


3.   Setelah muncul pop up Paragraph, kemudian atur pada bagian Spacing, pada dropbox Line spacing ubah menjadi pilihan Multiple, tepat disebelah atur besar spasi yang ingin anda gunakan untuk membuat lebih rapat tentunya angka yang digunakan lebih kecil dari 1, misalnya disini kita pakai 0.8, maka tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini.


4.   Tambahan, Sebenarnya anda bisa langsung mengisi angka besaran spasi tanpa harus memilih Multiple karena setelah diisi angka pilihan Dropbox akan secara otomatis berubah menjadi Multiple. Fungsi Multiple disini yaitu anda bisa mengkombinasikan spasi antar baris kalimat dengan spasi sebelum dan sesudah baris dengan angka spasi yang berbeda-beda, anda hanya perlu mengisi angka pada kolom Before dan After jika ingin menggunakan fitur Multiple.

Begitulah cara mengatur ukuran spasi lebih kecil, sangat mudah bukan hanya saja kita terkadang tidak jeli melihat fitur tersebut. Sekian yang dapat saya share mengenai cara merapatkan tulisan di Microsoft Word, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment