---- fungsi random -----
local function shuffle(t)
local iterations = #t
local j
for i = iterations, 2, -1 do
print("iteration : ", iteration)
j = math.random(i)
print("jjjjjjjjjjj : ", j)
t[i], t[j] = t[j], t[i]
print("ini dia ti : ", t[i])
print("ini dia tj : ", t[j])
end
end
shuffle(jawabanPengecoh)
print("jwaban 1 : ", jawabanPengecoh[1])
print("jwaban 2 : ", jawabanPengecoh[2])
print("jwaban 3 : ", jawabanPengecoh[3])
Di atas merupakan contoh pengacakan pada array jawaban pengecoh, pada contoh kasus ini saya mengacak dari begitu banyak jawaban pengecoh kemudian mengambil beberapa saja untuk dimasukkan lagi kedalam beberapa list jawaban yang akan digunakan. Saya memiliki dua array yaitu jawaban asli dan jawaban pengecoh. Hasil dari pengacakan di atas akan saya masukkan beberapa ke dalam array jawaban asli kemudian saya mengacak kembali jawaban asli untuk dimunculkan dalam game. Berikut ini saya bagikan cara memasukkan ke dalam array jawaban asli.
for i = 1, 3 do
table.insert(jawabanPasti, jawabanPengecoh[i])
end
local function shufflepart2(t)
local iterations = #t
local j
for i = iterations, 2, -1 do
j = math.random(i)
t[i], t[j] = t[j], t[i]
end
end
shufflepart2(jawabanPasti)
Berikut ini merupakan cara untuk mendisplay objek atau gambar dari hasil pengacakan array, sebelumnya karena dalam mendisplay objek diperlukan direktori dari file gambar tersebut jadi masukkan direktori gambar dalam array yang diacak.
local jwbn1 = display.newImage(jawabanPasti[1])
jwbn1.x = cx - 150
jwbn1.y = cy + 125
jwbn1.xScale = 0.2
jwbn1.yScale = 0.2
jwbn1.id = jawabanPasti[1]
print(jwbn1.id)
No comments:
Post a Comment